728x90 AdSpace

Latest News
Friday, December 5, 2014

2015 Banyu Urip Akan Produksi Minyak 165 Ribu BPH

2015 Banyu Urip Akan Produksi Minyak 165 Ribu BPH
Kepala SKK Migas Amien Sunaryadi menyebut produksi minyak Lapangan Banyu Urip, Bojonegoro, Jawa Timur, telah mencapai 40 ribu barel per hari. Ditargetkan bakal meningkat menjadi 165 ribu bph pada pertengahan 2015.

"Saat ini, fokus utama adalah untuk segera menyelesaikan fasilitas produksi penuh, hingga dapat mencapai produksi 165 ribu bph pada pertengahan 2015, kata Amien saat kunjungan Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla ke ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) di Bojonegoro, Jawa Timur, Jumat (5/11).

Hadir dalam kesempatan tersebut adalah, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Sudirman Said, Presiden EMCL Jon M. Gibbs. Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Dwi Sutjipto, Direktur Pengembangan PT Pertamina EP Cepu Amran Anwar, Wakil Ketua Badan Kerjasama PI Blok Cepu Ganesha Askary. Kemudian, Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf, dan Wakil Bupati Bojonegoro Setyo Hartono.

Perkembangan proyek minyak dan gas bumi Banyu Urip, Blok Cepu, hingga minggu pertama Desember 2014 telah mencapai 92,5 persen. Fasilitas pipa darat dan laut, menara tambat, serta kapal alir muat terapung, telah selesai terpasang dan saat ini dalam tahap akhir kegiatan commissioning.

Kegiatan pengeboran terlaksana lebih cepat dari jadwal. Kegiatan konstruksi serta commissioning untuk fasilitas produksi utama dan infrastruktur terkait terus berlangsung, dengan melibatkan lebih dari 8.600 pekerja di lapangan.

Sesuai rencana pengembangan lapangan (plan of development/PoD), investasi di Proyek Banyu Urip mencapai lebih dari USD 2,525 miliar. Rinciannya, pembangunan fasilitas produksi sebesar USD 2,188 miliar dan pengeboran sumur sebanyak USD 337 juta.

Pembangunan fasilitas dibagi ke dalam lima kontrak rekayasa, pengadaan, dan konstruksi (EPC). Yakni fasilitas produksi utama (Central Production Facility/CPF), pipa darat (onshore) 72 km, pipa laut (offshore) dan menara tambat (mooring tower), Floating Storage Off-loading (FSO), serta fasilitas infrastruktur.

"Kami terus mencapai kemajuan yang berarti, bersama dengan semua kontraktor EPC dan dengan dukungan SKK Migas, PT. Pertamina EP Cepu, Badan Kerjasama PI Blok Cepu, dan semua pemangku kepentingan, untuk secara bertahap meningkatkan produksi dari Lapangan Banyu Urip," kata Gibbs.

Dia menambahkan bahwa Lapangan Banyu Urip penting bagi ekonomi dan rakyat Indonesia.

Sumber: Merdeka
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: 2015 Banyu Urip Akan Produksi Minyak 165 Ribu BPH Rating: 5 Reviewed By: Steve Kandio