728x90 AdSpace

Latest News
Friday, December 5, 2014

JK Janji Wujudkan Swasembada Membangun 10 Pabrik Gula

JK Janji Wujudkan Swasembada Membangun 10 Pabrik Gula
Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) berjanji akan membangun 10 pabrik gula baru di Pulau Jawa. Pembangunan pabrik baru tersebut sebagai solusi tercapainya swasembada gula di Indonesia. Pabrik baru tersebut akan dilengkapi dengan peralatan yang lebih modern dan efisien.

"Tidak ada cara lain, harus bangun pabrik gula baru, salah satunya di Sragen ini, agar swasembada gula bisa tercapai tercapai," ujar JK di sela meninjau Pabrik Gula Modjo, Sragen, Jawa Tengah Jumat (5/12).

Menurut JK, selain membangun pabrik baru, upaya yang akan dilakukan pemerintah lainnya adalah dengan mengurangi impor gula dan menaikkan pendapatan petani. Menaikkan harga gula, lanjut JK hanya akan mempersubur penyelundupan. Kualitas gula, lanjut JK, juga harus ditingkatkan, agar masyarakat lebih memilih gula produksi dalam negeri. Caranya dengan meningkatkan rendemen dan produktivitas kebun.

"Ada dua solusi yang baik, naikkan rendemen dan kedua produktivitas kebun ditingkatkan. Kita harus punya program 110, yaitu 100 ton per hektare dan 10 persen rendemen. Ini harus kita jalankan ini," ucapnya.

Dalam kunjungan ke Pabrik Gula Modjo tersebut, JK yang didampingi Menteri Koordinator bidang Perekonomian Sofyan Djalil, Menteri Perdagangan Rahmat Gobel dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, juga mendapat banyak laporan tentang kondisi pabrik yang merugi, karena turunnya jumlah produksi dan harga patokan petani dari PTPN IX serta kondisi peralatan produksi yang rusak.

Sumber: Merdeka
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: JK Janji Wujudkan Swasembada Membangun 10 Pabrik Gula Rating: 5 Reviewed By: Steve Kandio