728x90 AdSpace

Latest News
Thursday, April 23, 2015

Menangis di Depan Sahabat Berefek Positif

TRIBUNNEWS.COM – Pernahkah Anda menangis di depan teman Anda? Apakah Anda termasuk seseorang yang lebih memilih memendam perasaan karena malu terlihat emosional?

Menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Social and Clinical Psychology, menangis di depan sahabat ternyata memiliki dampak positif untuk memperkuat persahabatan.

Penelitian yang mengumpulkan data dari 2.181 mahasiswa dan 2.915 mahasiswi di 35 negara berbeda, menemukan bahwa menangis di hadapan sahabat memberikan pengalaman yang melegakan serta mempererat tali persahabatan lewat afeksi dari dukungan sosial.

Lauren M. Bylsma, penulis penelitian mengatakan, "Jika teman menangis dan berbagi pengalamannya, mereka akan secara bersamaan mendukung satu sama lain. Namun, jika keduanya sedang dilanda stres, maka kemampuan mendukung mereka menjadi terbatas. Meski begitu, melihat orang lain menangis dapat membuat orang yang tak menangis menjadi merasakan emosi tersebut dan memberikan respon yang beralasan."

Selain itu, Bylsma mengatakan bahwa ketika seseorang menangis di hadapan temannya, mereka akan merasakan kenyamanan. Sebaliknya, jika dia mengangis di depan orang asing, yang dirasakan adalah efek negatif seperti rasa malu.

Lewat penelitian lainnya dari Tel Aviv University, mengungkapkan bahwa bila seseorang menangis di depan Anda, berarti Anda adalah orang yang dapat dipercaya oleh orang tersebut.

Menemukan teman untuk berbagi di saat senang bukan hal yang mudah. Oleh karena itu, ketika Anda menemukan teman yang mau berbagi di saat duka, pertahankan mereka dan jangan pernah lepaskan.


from Tribunnews.com http://ift.tt/1yWsjEl
via Iklan Baris, Gaya Hidup
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Menangis di Depan Sahabat Berefek Positif Rating: 5 Reviewed By: Steve Kandio