728x90 AdSpace

Latest News
Thursday, April 23, 2015

Ternyata Orang Jepang sudah Ciptakan Tongsis Sejak 30 Tahun Lalu

TRIBUNNEWS.COM – Sempat masuk sebuah majalah pada 1995, tongsis alias tongkat narsis ternyata sudah eksis jauh sebelum itu, tepatnya sejak 1980.

Penemunya adalah seorang pria Jepang bernama Hiroshi Ueda. Sebagaimana dirangkum dari BBC (23/4/2015), Ueda terinspirasi membuat alat tersebut setelah merasa tak bisa mengandalkan orang lain untuk mengambil foto dirinya di tempat wisata.

“Saat saya berada di Museum Louvre di Paris, saya minta seorang anak untuk mengambil foto saya. Tapi dia malah kabur dan membawa lari kameranya,” kata Ueda.

Pria penggemar foto yang bekerja di perusahaan kamera Minolta ini pun putar otak, lantas berhasil menciptakan “extender stick”, produk berupa tongkat yang bisa dipanjangkan dan dilengkapi tripod di ujungnya untuk digunakan bersama kamera saku.

Ketika itu semua kamera masih menggunakan film, maka Ueda pun menambahkan cermin di depan kamera agar pemakai si tongkat bisa melihat diri sendiri dan melakukan framing gambar.

Dengan kata lain, inilah “tongsis” pertama yang bisa dipakai untuk selfie.

Ueda mematenkan penemuannya itu pada 1983. Tahun 1985, kantor paten AS menerbitkan dokumen paten yang antara lain berisi skema alat temuan Ueda. Di sini terdapat ilustrasi penggunanya menjepret selfie dengan alat tersebut.


from Tribunnews.com http://ift.tt/1HqK0ib
via Iklan Baris, Teknologi
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Ternyata Orang Jepang sudah Ciptakan Tongsis Sejak 30 Tahun Lalu Rating: 5 Reviewed By: Steve Kandio