728x90 AdSpace

Latest News
Monday, March 30, 2015

Awas, Pahami Sebab-Sebab Radang Selaput Otak Bisa Menular

Copyright by Thinkstock.com

Vemale.com - Penyakit bisa datang kapan saja, seringkali tidak bisa diduga, salah satunya radang selaput otak atau meningitis. Kabar yang masih hangat diperbincangkan, bahwa artis sekaligus komedian terkenal Indonesia, Olga Syahputra, menderita penyakit ini sebelum akhirnya menghembuskan nafas terakhir.


Radang selaput otak memang membuat penderitanya harus istirahat total hingga benar-benar sembuh. Penting sekali mengetahui apa penyebab dari meningitis atau radang selaput otak yang diderita seseorang. Seperti dikutip dari mayoclinic.org, ada banyak sebab yang bisa diidentifikasi, kebanyakan adalah infeksi bakteri atau karena jamur.


Sayangnya, penyakit ini biasanya disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri dapat menular. Bakteri atau virus yang menyebabkan meningitis dapat menular melalui batuk, bersin, berciuman, atau berbagi peralatan makan, sikat gigi atau rokok. Risiko tertular meningitis akan semakin besar jika Anda tinggal atau bekerja bersama seseorang dengan penyakit ini.


Copyright by KapanLagi.comCopyright by KapanLagi.com





  • Meningitis disebabkan bakteri


    Meningitis akut yang disebabkan oleh bakteri biasanya terjadi ketika bakteri memasuki aliran darah dan berpindah ke otak dan sumsum tulang belakang, dan meningitis karena infeksi bakteri adalah yang paling tinggi potensinya bisa mengancam jiwa.






  • Meningitis disebabkan virus


    Meningitis karena infeksi virus lebih sering terjadi daripada meningitis yang disebabkan bakteri. Umumnya, meningitis virus ini mudah menular namun juga merupakan meningitis ringan dan mudah sembuh.






  • Meningitis disebabkan jamur


    Meningitis karena jamur relatif jarang terjadi dan namun bisa menjadi meningitis kronis dan bisa mengancam jiwa. Kadang hampir mirip meningitis bakteri akut. Namun, meningitis karena jamur ini tidak menular dari orang ke orang.





Itu dia, tiga jenis meningitis yang bisa terjadi dan kemungkinan menular ke sesama. Apa pun jenis meningitis yang mungkin terjadi, yang paling penting adalah menjaga kesehatan agar tidak terserang ketiganya ya.


YANG INI JUGA PENTING:


Pahami 5 Cara Pencegahan Radang Selaput Otak, Penyakit Olga Syahputra


Umur 60 Tahun Ke Atas, Yuk Rajin Olahraga!


Ingin Selalu Sehat? Rempah-Rempah di Dapur Anda Jawabannya


Ingin Bahagia Dan Tidak Mau Pikun Saat Tua? Terapkan 3 Kebiasaan Ini


4 Tips Efektif Menjaga Ingatan Tetap Tajam Saat Bertambah Tua


(vem/feb)


----

Anda punya kisah inspirasi (cinta, pernikahan, persahabatan, keluarga, dll) atau punya tips keren seputar wanita? Silakan kirim ke redaksivemale@kapanlagi.net.


Share your story and let's be friends with Vemale.com :)

----





from Vemale.com http://ift.tt/1IJ2p7e

via Iklan Baris, Wanita Indonesia
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Awas, Pahami Sebab-Sebab Radang Selaput Otak Bisa Menular Rating: 5 Reviewed By: Steve Kandio