728x90 AdSpace

Latest News
Monday, March 30, 2015

Sepatu istimewa untuk bertemu ibunda


Pada 2009, dua tahun sebelum revolusi Suriah dimulai, seorang pemuda bernama Huthaifah melihat sepasang sepatu di sebuah pusat perbelanjaan di Aleppo. Dia membelinya, namun memutuskan hanya akan memakainya saat melihat ibunya lagi.


Konflik Suriah sejatinya bukan konsep baru bagi keluarga Huthaifah. Tiga puluh tahun lalu, Fadua melarikan diri dari negara itu tanpa membawa apapun kecuali Huthaifah yang terbungkus selimut dan masih berusia beberapa bulan.


Anak itu lahir di Aleppo pada November 1979 - sebuah kota yang berada di ambang perang saudara. Hafez al-Assad, presiden Suriah saat itu, telah berkuasa selama hampir satu dekade dan menindas lawannya dari kelompok Ikhwanul Muslimin. Pasukan pemerintah memblokade kota-kota di sekitarnya dan mulai menggeledah keberadaan para pembangkang dari rumah ke rumah.


Salah seorang pembangkang yang ditangkap adalah ayah Huthaifah, yang pada waktu itu adalah seorang mahasiswa berusia 20 tahun dari Universitas Aleppo.


Sesaat setelah mendengar penangkapan suaminya, Fadua melarikan diri dengan Huthaifah yang berada dalam pangkuannya ke Yordania dengan menggunakan bis.



Huthaifah, terpisah dengan ibunya selama bertahun-tahun, akibat konflik Suriah.



Huthaifah tumbuh dan dibesarkan di sejumlah tempat pengasingan, pertama di Yordania, kemudian di Arab Saudi, lalu Abu Dhabi. Namun, Suriah selalu hidup dalam benaknya, melalui makanan, lagu-lagu khas, dan cerita-cerita yang dikisahkan ibu dan ayah tirinya. Ya, Fadua menikah lagi setelah menyadari bahwa ayah Huthaifah pasti sudah meninggal, atau kalaupun ia hidup, ia tidak akan pernah dikeluarkan dari penjara.


Namun, ketika ia berusia 18 tahun, Huthaifah memutuskan untuk kembali ke Aleppo. Dia ingin belajar, dan keluarga tidak mampu membayar biaya hidup di Abu Dhabi. Fadua takut memikirkan anaknya kembali ke Suriah dan berusaha untuk menghentikannya, tapi Huthaifah berkeras kembali ke negaranya.





from Tribunnews.com - Internasional http://ift.tt/1DcgREy

via Iklan Baris, Berita Internasional, Mancanegara
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Sepatu istimewa untuk bertemu ibunda Rating: 5 Reviewed By: Steve Kandio