728x90 AdSpace

Latest News
Monday, March 30, 2015

Survei Microsoft Ungkap 91 Persen Siswa Indonesia Ingin Belajar Coding


TRIBUNNEWS.COM, JAKARTAMicrosoft belum lama ini telah mengumumkan hasil survey Asia pasifik terbarunya yang mengungkapkan bahwa mayoritas siswa di Indonesia menyadari manfaat coding dalam pendidikan dan besarnya potensi yang ditawarkan bagi masa depan mereka.


Sayangnya, dalam studi tersebut juga terungkap siswa kurang mendapat dukungan yang optimal dalam mempelajari coding.


Survey yang dilakukan pada bulan Februari 2015 dan sebagai bagian dari kampanye Microsoft YouthSpark #WeSpeakCode ini melibatkan 1850 siswa dengan usia di bawah 24 tahun dari 8 negara di Asia Pasifik, termasuk Indonesia. Materi yang diangkat adalah pandangan siswa terhadap coding dan software programming.


Dalam survey tersebut juga disinggung mengenai kesempatan yang saat ini mereka miliki untuk mempelajari coding.


Ada pun siswa yang menjadi responden berasal dari latar belakang akademis yang berbeda, meliputi seni & kemanusiaan, STEM (Ilmu Pengetahuan, Tknologi, Teknik dan Matematika), bisnis serta beberapa bidang lainnya.


Survei tersebut juga mengungkap sebanyak 91% siswa di Indonesia ingin mengetahui lebih banyak lagi mengenai coding. Sementara, sebanyak 72% siswa berharap coding dapat dijadikan sebagai mata pelajaran utama di sekolah.


Tentunya, hasil ini menunjukkan bahwa coding memiliki potensi yang tinggi untuk menjadi mata pelajaran yang menarik bagi imajinasi siswa di sekolah.


Esther Sianipar, Community Affairs Manager, Microsoft Indonesia menegaskan bahwa mayoritas siswa Indonesia tidak lagi mempertanyakan manfaat coding. Anak-anak muda ini telah menyadari pentingnya coding dalam membantu mereka memperoleh keterampilan daar di abad ke-21 sekaligus mempersiapkan mereka untuk menjadi sukses di masa depan.


"Karena dunia kita terus berevolusi menjadi mobile-first dan cloud-first, penting bagi para pendidik untuk berhenti mempertanyakan apakah coding perlu dijadikan mata pelajaran utama. Sebaliknya, pendidik dapat mulai memikirkan bagaimana coding dapat diintegrasikan ke dalam kurikulum sesegera mungkin," ujar Esther.


Namun, di balik antusiasme yang tinggi dan minat yang dalam terhadap coding, hanya 51% siswa yang mengatakan mereka memiliki kesempatan untuk belajar coding di sekolah, baik sebagai subjek inti maupun kegiatan ekstrakurikuler. Selain itu, hanya 39% siswa yang mengatakan bahwa orang tua mereka berpikir coding penting untuk masa depan.





from Tribunnews.com - Techno http://ift.tt/1xsjfWM

via Iklan Baris, Teknologi
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Survei Microsoft Ungkap 91 Persen Siswa Indonesia Ingin Belajar Coding Rating: 5 Reviewed By: Steve Kandio