728x90 AdSpace

Latest News
Monday, March 30, 2015

Lembaga Asing Ungkap Fakta Internet di Indonesia Terbelakang di ASEAN


TRIBUNNEWS.COM – Penetrasi internet di Indonesia kerap diklaim bertumbuh pesat. Anggapan serupa juga tertempel pada Thailand. Pasalnya, Kedua negara tersebut tiap tahun menunjukkan angka progresif jika dilihat dari jumlah pengguna smartphone dan layanan internet.


Tapi, data menunjukkan fakta mengejutkan. Kajian kolaboratif dari Internet Society dan firma konsultan TRPC membeberkan penetrasi internet di kedua negara masih jauh tertinggal dibanding negara-negara Asia Tenggara lainnya.


"Kedua negara (Indonesia dan Thailand) berada pada kelompok negara dengan penetrasi internet rendah. Ini jauh dari ekspektasi awal kami," kata perwakilan Internet Society dan TRPC, sebagaimana dilaporkan Wall Street Journal Minggu (29/3/2015).


Dalam pengkajian ini, dibuat 3 tipologi penetrasi internet untuk negara-negara di regional Asia Tenggara. Kelompok pertama berisi negara-negara yang populasi pengguna internetnya lebih dari 60 persen. Mereka adalah Singapura (73 persen), Malaysia (67 persen), dan Brunei (65 persen).


Menyusul kelompok kedua, yakni yang anggotanya adalah negara-negara dengan populasi pengguna internet antara 25 hingga 50 persen. Di antaranya adalah Vietnam (44 persen), Filipina (37 persen), dan Thailand (29 persen).


Sedangkan kelompok ketiga atau kelompok "terbelakang" adalah negara-negara yang populasi pengguna internetnya di bawah 25 persen. Mereka adalah Indonesia (16 persen), Laos (13 persen), Kamboja (6 persen), dan Myanmar (1 persen).


Direktur Internet Society untuk Asia Pasifik Rajnesh Singh mengatakan, infrastruktur dan biaya akses internet tiap negara sangat menentukan peringkat penetrasi internet.





from Tribunnews.com - Techno http://ift.tt/19nhwa1

via Iklan Baris, Teknologi
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Lembaga Asing Ungkap Fakta Internet di Indonesia Terbelakang di ASEAN Rating: 5 Reviewed By: Steve Kandio