728x90 AdSpace

Latest News
Sunday, June 28, 2015

Internet Diprediksi Kacau Balau pada 30 Juni Ini

TRIBUNNEWS.COM – Pada 30 Juni mendatang, jam-jam komputer di seluruh dunia secara bersamaan akan melambat atau "menambah waktu" sebanyak satu detik pada saat pukul 23:59:59 UTC.

Peristiwa yang dibuat secara sengaja ini dikenal dengan sebutan detik kabisat (leap second) dan dimaksudkan untuk menghilangkan selisih antara standar waktu internasional (UTC) dengan waktu rotasi bumi yang sebenarnya karena satu hari tidak berlalu tepat dalam 24 jam.

Konsep di baliknya sama dengan tahun kabisat, satu hari ditambahkan ke bulan Februari setiap empat tahun sekali karena waktu revolusi bumi mengelilingi matahari sebenarnya tidak tepat 365 hari sehingga perlu dikompensasi dalam penanggalan.

Detik kabisat ini dikhawatirkan bakal membuat kacau internet pada saat ditambahkan nanti. Apa pasal?

Sebab, seperti dirangkum dari The Next Web, Minggu (28/6/2015), jaringan internet pada dasarnya mengandalkan satuan waktu yang tepat dan seragam agar jutaan komputer yang tergabung di dalamnya dapat saling berkomunikasi dengan baik.

Update soal waktu disalurkan melalui network time protocol (NTP). Di sinilah letak masalahnya karena tak semua sistem komputer memiliki interpretasi yang sama soal cara penambahan detik kabisat.

Sebagian sistem komputer ada yang menambah detik kabisat sebagai detik ke-60 (misalnya, bukan 00:00:00, melainkan 23:59:60), lainnya menghitung detik ke-59 sebanyak dua kali. Ada juga yang melewatinya begitu saja.

This entry passed through the Full-Text RSS service - if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at http://ift.tt/jcXqJW.


from Tribunnews.com http://ift.tt/1JhXVFA
via Iklan Baris, Teknologi
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Internet Diprediksi Kacau Balau pada 30 Juni Ini Rating: 5 Reviewed By: Steve Kandio