728x90 AdSpace

Latest News
Saturday, July 25, 2015

Takut Sayuran Layu? Ini Kiat Menyimpannya Agar Tetap Segar

TRIBUNNEWS.COM - Bosan dengan makanan Lebaran? Makan sayur, dong! Stok berbagai sayuran dan perhatikan tips menyimpan sayuran agar tetap segar.

Di musim libur Lebaran biasanya kita kesulitan membeli sayuran segar setiap hari, karena tukang sayur banyak yang pulang kampung. Padahal, kita mulai bosan makan makanan Lebaran yang mayoritas daging dan ayam, serta bersantan.

Untuk menyiasatinya, kita bisa mulai menyetok sayuran. Takut layu? Tenang! Berikut beberapa tips menyimpan sayuran agar tetap segar.

* Pilih yang Benar-benar Segar
Saat membeli sayuran, kita harus teliti. Pastikan sayuran tidak cacat, berubah warna, dll. Sebab, kesalahan memilih sayuran merupakan awal mula gagalnya menyetok sayuran. Kalau kita salah memilih sayuran, kemungkinan sayuran yang disimpan cepat busuk lebih besar.

* Cuci Sayuran dengan Air Dingin
Sebelum disimpan, bersihkan dulu sayuran dari kotoran yang menempel, agar sayuran bisa berada dalam kondisi yang segar dalam waktu lama. Cuci seluruh sayuran dengan menggunakan air dingin.

*Simpan dalam Wadah/ Plastik Kedap Udara
Setelah sayuran yang sudah dicuci bersih kering, masukkan ke dalam wadah/ plastik kedap udara. Selain untuk menjaga kesegarannya, wadah/ plastik kedap udara juga bisa mencegah kontaminasi bahan makanan/ minuman lain dengan sayuran yang kita simpan.

Kalau tidak ada wadah/ plastik kedap udara, kita bisa menggunakan plastik biasa yang dilubangi kecil-kecil di beberapa bagiannya.

This entry passed through the Full-Text RSS service - if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at http://ift.tt/jcXqJW.


from Tribunnews.com http://ift.tt/1JmSF5B
via Iklan Baris, Gaya Hidup
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Takut Sayuran Layu? Ini Kiat Menyimpannya Agar Tetap Segar Rating: 5 Reviewed By: Steve Kandio